Senin, 05 Juli 2010

PRENATAL

Anak yang mengalami Fetal alcohol syndrome disebabkan oleh wanita pecandu alcohol dan tetap meminumnya salam kehamilannya dalam frekuensi yang sering. Ciri-ciri anak yang mengalami fetal alcohol syndrome, antara lain ialah :
Memiliki kepala dan lingkar otak yang kecil dinadingkan dengan anak normal.
Cacat pada wajah, seperti wajah membengkak, hidung dan bibir bawah pendek.
Berpenyakit otak
Menderita kelainan jantung
Penyimpangan pada tulang
Perlambatan perkembangan mental dan motorik.

Tiga tahap dalam perkembangan prenatal :
A. Tahap Germinal (germinal stage)

Disebut juga periode zigot, ovum atau periode nuthfah adalah periode kejadian manusia. Waktunya 2 minggu pertama, yakni sejak terjadinya pembuahan (fertilization). Setelah sel sperma pria bergabung dengan sel telur wanita (ovum) akan menghasilkan zigot. Zigot ini kemudian membelah-belah menjadi sel-sel berbentuk bulatan-bulatan kecil yang disebut blastokis. Pada saat terjadinya pembelahan, blastokis mengapung dan berproses disepanjang tuba falopi.
Blastokis dibedakan atas tiga lapisan, yaitu :
1. Lapisan atas (ectoderm), berkembang menjadi kuku, rambut, gigi, kulit lapisan luar (kulit ari), dan kelenjar-kelenjar kulit.
2. Lapisan tengah (mesoderm), berkembang menjadi otot, tulang atau rangka, sistem pembuangan kotoran dan sistem peredaran darah (circulatory system), serta kulit lapisan bawah.
3. Lapisan bawah (endoderm), menjadi sistem pencernaan, hati, pancreas, kelenjar ludah, dan sistem pernafasan.
Dalam waktu singkat plasenta, tali pusat, dan kantong amniotic juga akan terbentuk dari sel-sel blastokis. Setelah kira-kira seminggu setelah konsepsi, blastokis menempel di dinding rahim yang disebut embrio.

B. Tahap Embrio (embriyonic stage)
Dimulai dari 2 – 8 minggu setelah pembuahan, yang ditandai dengan terjadinya banyak perubahan pada semua organ utama dan system-sistem fisiologis. Selama periode embrio ini, pertiumbuhan terjadi dalam dua pola, yaitu :
 Cephalocaudal, artinya proses pertumbuhan yang dimulai dari baian kepala, kemudian terus ke bagian bawah dampai ke bagian ekor. Dengan kata lain, kepala, pembuluh darah, dan jantung lebih dulu berkembang daripada lengan, tangan dan kaki.
 Proximodistal, adalah proses pertumbuhan yang dimulai dati bagian-bagian yang paling dekat dengan pusat (tengah) badan, kemudian baru ke bagian-bagian yang jauh dari pusat badan.

Disamping itu, dalam periode ini terdapat tiga sarana penting yang membantu perkembangan struktur anak., yaitu : kantong amniotic, plasenta, dan tali pusat. Kantong amniotic berisi cairan bening tempat embrio mengapung dan berfungsi sebagai pelindung dari goncangan fisik dan perubahan temperature. Palsenta adalah suatu tempat pada dinding peranakan diaman ibu mensuplai oksigen dan bahan-bahan makanan pada anak dan anak mengembalikan sisa buangan dari aliran darahnya. Jadi, plasenta merupakan sarana penghubung antara ibu dan embrio. Tali pusat adalah saluran lembut yang terdiri atas pembuluh-pembuluh darah yang berfungsi menghubungkan plasenta dengan embrio. Tali pusat ini terdiri dari tiga pembuluh darah besar, satu untuk menyediakan makanan dan dua untuk membawa sisa buangan ke tubuh ibu.
Periode ini juga ditandai dengan suatu perkembangan pada system saraf. Pada umur 6 minggu embrio telah dapat dikenali sebagai manusia, tetapi kepala lebih besar dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

C. Tahap Janin (fetus stage)
Periode ini dimulai dari usia 9 minggu sampai lahir, perubahan janin semakin terlihat dengan jelas. Muka, mulut, mata, dan telinga sudah mulai terbentuk dengan baik. Lengan dan kaki lengkap dengan jari-jarinya sudah tampak. Pada tahap ini organ-organ seks juga mulai terbentuk. Demikian pula dengan otot, tulang rawan mulai berkembang. Organ dalam seperti isi perut, hati, pancreas, paru-paru dan ginjal mulai terbentuk dan berfungsi secara sederhana. Pada bulan keempat dan kelima ibu sudah bisa merasakan gerakangerakan janinnya, seperti menonjok-nonjok dan menendang. Pada permulaan bulan ketujuh, panjang janin sudah mencapai 16 inci dengan berat kira-kira 1,5 -2,5 kg. Pada saat ini cirri-cirinya sebagai manusia semakin terlihat, terutama ketika rambut mulai tumbuh, mulut mulai menonjol, bergerak-gerak, menelan atau menghisap ibu jarinya, matanya juga sudah mulai berkedip dan menagis meskipun matanya masih tertutup. Pada bulan kedelapan, berat janin sudah mencapai kira-kira 2,5 -3,5 kg dan mulai berkembang lapisan lemak badan yang berguna untuk mengatur temperature badannya setelah kelahiran.

1 komentar:

  1. Aardvark D-Razor - iTanium-Arts
    Aardvark D-Razor is a unique and unique titanium stud earrings design made with a modern design. These lightweight, dewalt titanium drill bit set high titanium scooter bars quality titanium dioxide in food (vintage) razors let you customize the angle of does titanium have nickel in it

    BalasHapus